Jumat, 02 Desember 2011

OUT BOUND KEBANGSAAN PERINGATI HARI PAHLAWAN Oleh: Heni Purwono


Panas terik matahari tak menyurutkan semangat sejumlah 150 siswa-siswi perwakilan organisasi sekolah SMP dan SMA se- Banjarnegara peserta Out Boud Kebangsaan yang diselenggarakan Iqro Club Banjarnegara, Minggu (13/11) bertempat di Dermaga Wisata PLTA Mrica, Kecamatan Bawang, Banjarnegara.
Siang itu, ditengah banyaknya muda mudi yang sedang memadu cinta di lokasi wisata tersebut, para peserta tetap nampak serius dan tak terganggu mengikuti materi yeng berturut-turut disampaikan oleh Mayor Ahmad dari Kodim 0704 Banjarnegara mengenai bela negara, dan Nurul Hidayatulloh mengenai manajemen organisasi sekolah.
Kegayengan mereka bertambah seiring agenda utama, out bound training, dilaksanakan dibawah rindangnya pohon trembesi di bukit Dermaga Wisata Waduk Mrica. Para peserta nampak sangat menikmati sajian permainan berupa bartender, bakyak tanpa slempang, gegana penjinak bom, jembatan bambu, auo tarzan, dan spider web.
Fajar Ari Setyoko, Direktur Iqro Club, mengungkapkan bahwa kegiatan out bound kebangsaan  ini sengaja digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Sasaran utama kegiatan ini sengaja para pengurus organisasi sekolah di tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Banjarnegara. “Kita sengaja mengundang mereka berlatih organisasi sekaligus mengenal tentang bela negara. Kedua hal itu penting, karena rata-rata dari siswa yang berorganisasi nantinya mereka potensial sekali untuk menjadi garda terdepan dalam memimpin bangsa ini ke depan. Sehingga, mereka harus kita bina dan persiapkan sejak awal” ungkap Fajar.
Yusman, salah satu pembimbing siswa dari SMP Negeri 2 Banjarnegara, mengaku berterimakasih sekaligus mendukung kegiatan seperti ini. Menurutnya, siswa yang berorganisasi sangat cocok digembleng pengetahuannya tentang bela negara dengan acara out bound semacam ini. “Biasanya di sekolah, mereka hanya mendapatkan materi-materi konvensional. Disini lain, dikemas dalam game-game yang sangat menyenangkan bagi siswa” jelas Yusman.
Hendra, salah satu peserta dari SMP IT Permata Hati Banjarnegara mengungkapkan sangat senang dengan kegiatan ini. Menurutnya, selain mendapat ilmu tentang keorganisasian, ia juga merasa senang karena menjadi banyak kenalan siswa dari sekolah lain. “Di sini asyik, selain out bound kita juga bisa tukar pikiran tentang keorganisasian dengan siswa dari sekolah lain. Forum seperti ini harapannya tidak hanya sekali ini saja, namun juga perlu diintensifkan” kata Hendra. Hendra yang datang bersama puluhan temannya nampak serius bertukar pikiran dengan teman sebayanya, diantaranya dari SMP Negeri 2 Banjarnegara.
Kegiatan ini diakhiri dengan pembacaan komitmen bersama peserta untuk rela membela negara sampai titik darah penghabisan. Selain itu, mereka juga bersepakat untuk menindaklajuti kegiatan ini dengan kegiatan bersama dalam waktu dekat, terutama memperingati hari bumi, sebagai langkah nyata upaya bela negara.
Heni Purwono, S.Pd.
Divisi Humas dan Media, Iqro Club Banjarnegara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar